Rekomendasi Serum untuk Acne Prone Skin by Kyuuuto

 


Kalau kalian adalah acne fighter, semoga blogpost-ku ini bermanfaat untuk kalian yang sedang cari rekomendasi serum untuk mengatasi jerawat. Berdasarkan pengalamanku, serum yang punya andil paling besar dalam mengurangi jerawat. That’s why I love serum!


Pertimbangan aku dalam memilih serum pastinya adalah ingredients-nya, sesuai dengan kebutuhan kulit atau tidak. Di sini, karena kulitku acne prone skin, maka alternatif aku dalam memilih serum berdasarkan ingredients-nya harus ada ingredients yang bertugas mengatasi jerawat seperti Salicylic acid atau BHA, Niacinamide, Zinc, Bakuchiol. Aku sudah coba berbagai macam serum dan ini adalah beberapa di antaranya yang bisa aku rekomendasikan ke kalian.


Selamat membaca!

1.        Avoskin Miraculous Acne Solution Micro Serum

 


Saat tahu Avoskin launching produk baru mereka khusus untuk acne, aku excited sekali dan aku sudah coba satu set skincare Avoskin Miraculous Acne Solution Micro Serum di sini ya. Produk ini mengandung 1,5% Salicylic Acid + Zinc PCA + Sulfur + Wintergreen + PGA.

 

Kalau lihat dari list tersebut, nggak diragukan lagi kalau serum ini memang ditakdirkan untuk mengatasi jerawat. Salicylic acid yang selain untuk mengatasi jerawat juga dapat mengurangi minyak pada kulit.

 

Saat itu aku pakai produk ini setiap hari, alhamdulilah baik-baik aja, jerawat dan minyak di wajahku jadi berkurang. Suka sekali sama hasilnya di kulitku. Sekarang aku sudah habis satu botol serum ini.

 

Keterangan: Produk sudah dipakai sampai habis

 

2.       The Ordinary 10% Niacinamide + 1% Zinc

 


Serum yang sudah menjadi wish list-ku sejak lama tapi baru aku coba setelah berhenti dari krim dokter. Kondisi kulitku saat berhenti dari krim dokter itu, skin barrier rusak, kulit kering, kemerahan, karena pengaruh konsumsi accutane (Vitamin A) dan masih ada beberapa jerawat.

 

Butuh waktu lama untuk perbaiki skin barrier-ku saat itu. Akhirnya aku memutuskan untuk beli The Ordinary 10% Niacinamide + 1% Zinc ini. Apalagi sejak aku tahu kalau niacinamide bagus juga untuk memperbaiki skin barrier dan mengatasi jerawat. Oh iya, tentunya dibantu sama beberapa skincare lain ya.

 

Awal penggunaan, agak cekit-cekit gitu, apalagi kondisi kulitku yang saat itu sangat sensitif dan ada jerawat juga. Setelah rutin digunakan, ternyata kulitku jadi membaik, skin barrier membaik dan jerawat juga berkurang, bahkan sampai repurchase serum ini berkali-kali.

 

Harganya juga terbilang terjangkau sekali, dan sekarang mudah ditemukan di berbagai marketplace di Indonesia.

 

Keterangan: Produk sudah dipakai sampai habis dan repurchased.

 

3.       Bloomka Bakuchiol + Vitamin B3 Serum

 


Bloomka Bakuchiol + Vitamin B3 Serum merupakan serum yang aku beli hanya karena sale + voucher discount aja, haha. Tapi, saat itu aku memang cari produk untuk mengatasi jerawat, entah kenapa tertarik untuk beli serum ini.

 

Saat aku membeli serum ini, sebelumnya aku sudah coba pakai skincare dengan kandungan retinol. Harusnya kalau pakai retinol aman, pakai bakuchiol juga aman, menurutku.

 

Awal penggunaan, aku hanya menjadikan serum ini sebagai acne spot treatment saja, tidak dipakai untuk seluruh wajah. Setiap kali aku pakai ini sebagai acne spot treatment, besoknya muncul kemerahan, di bagian yang aku aplikasikan serum ini saja. Akhirnya aku ambil kesimpulan kalau aku mungkin tidak cocok pakai serum ini.

 

Selang beberapa minggu, serum yang biasa aku pakai untuk mengatasi jerawat habis, hanya ada serum ini, akhirnya aku coba pakai serum ini untuk seluruh wajah bukan sebagai acne spot treatment saja. Ternyata kemerahan yang biasanya muncul, kali ini tidak ada!

 

Akhirnya aku lanjutkan penggunaan serum ini, tidak setiap hari, seminggu sekitar 2-3 kali saja. Ternyata, jerawatku jadi berkurang dan bekas jerawat juga memudar. Jadi suka sama serum ini deh. Bahkan sekarang sudah mau habis 1 botol.

 

Pakai skincare itu memang butuh kesabaran ya, untuk lihat hasilnya.

 

4.       Aknema BHA + HA Serum

 


Pertama kalinya aku pakai serum BHA, biasanya pakai BHA toner untuk eksfoliasi. Nggak nyangka akan cocok dengan serum ini. Aku punya satu set skincare Aknema untuk kulit acne prone skin yang di dalamnya ada BHA + HA Serum ini.

 

Di packaging-nya tertulis kalau produk ini aman digunakan di pagi dan malam hari untuk hasil yang maksimal. Sesuai instruksi tersebut, aku gunakan dua kali sehari serum ini. Sayangnya, kulitku jadi sangat kering. Sebelum semakin memburuk, aku kurangi intensitas penggunaannya, menjadi hanya di malam hari dan juga aku imbangi dengan penggunaan skincare untuk hydrating.

 

Ternyata hasilnya lebih baik di kulitku jika diimbangi dengan skincare untuk hydrating. Jerawatku jadi berkurang dan minyak di wajah juga berkurang. Jangan lupa pakai sunscreen setelah menggunakan produk BHA ya.

 

5.       Trueve Acne Care Serum

 


Sesuai namanya, serum ini memang ditakdirkan untuk menjadi serum yang bisa mengatasi jerawat. Key ingredients dari serum ini BHA, Cica, Ceramide-6 dan Hyalu-10. Serum ini bisa digunakan pagi dan malam hari serta setiap hari. Hal yang aku notice, meskipun serum ini mengandung BHA, tapi tidak membuat kulit menjadi kering, justru kulit menjadi lebih lembab (mungkin karena adanya kandungan Cica, Ceramide-6 dan Hyalu-10) sehingga serum ini nyaman digunakan setiap hari.

 

Serum ini bukan tipe yang sat set sat set saat mengatasi jerawat, tapi progress di kulit cukup terasa. Terlebih, kulitku juga terasa jadi lembab dan plump sehingga kulitku yang tadinya kering terasa jauh lebih lembab. Ini merupakan point plus-nya sih. Oh iya, karena serum ini juga mengandung Cica, maka ini bisa jadi solusi buat mengatasi kemerahan.

 

Dari beberapa rekomendasi di atas apakah ada yang ingin kamu coba? Atau ada yang sudah pernah kamu coba? Share yuk di kolom komentar.


With Love,



17 comments:

  1. Wahh suka sama ulasannya. Thank you for sharing!😍

    ReplyDelete
  2. Mau banget cobain yang Trueve Acne Care Serum, banyak lihat review katanya sebagus itu buat meredakan kemerahan dan jerawat. Btw thank you for sharing kak 💚

    ReplyDelete
  3. Udah coba yang The Ordinary, bagus banget di aku. Bantu control minyak dan bikin wajah gak cepet kusam. Meskipun untuk brighteningnya belom kelihatan di aku.

    ReplyDelete
  4. thank you banget rekomendasinya kak, dari semuanya aku udah coba Aknema serumnya dan aku sukak sama performanya. next time pengen cobain avoskin nya dehh ♡

    ReplyDelete
  5. Aku penasaran banget sama trueve nihh , kayaknya enak yaah serumnyaaa

    ReplyDelete
  6. Belum pernah coba semua, tp paling kepo sama trueve.. hihihi

    ReplyDelete
  7. Belom ada yg pernah kucobain dong 🥲

    ReplyDelete
  8. akuu pake serum nya aknema, mantull sihh 🤩🤩

    ReplyDelete
  9. Sering baca review yg bloomka katanya bagus, dan setelah baca review ini jadi makin kepo dehhh sama produknya

    ReplyDelete
  10. dari semu produk yang ada di post aku paling suka dari the ordinary

    ReplyDelete
  11. Favorite aku banget nih bakuchiol + vitamin B3 serum punya bloomka, teksturnya milky cakeppp deh😍😍😍🥰

    ReplyDelete
  12. Rekomendasi yang menarik nih buat yang kulitnya acne prone kaya aku , btw penasaran banget sama yang Avoskin 😍

    ReplyDelete
  13. Penasaran sama yang bloomka sih aku, sempet kepoin juga

    ReplyDelete
  14. Naksir semuaaa nyaaa. Bloomka baca review nyaa emang ampuh yaa. Avoskin yg baruu acne Solution oke juga

    ReplyDelete
  15. Bermanfaat bgt ini post nya buat yg lagi serum untuk acne prone 😍

    ReplyDelete
  16. Aku kepo banget sama si bloomka 👀🌼

    ReplyDelete
  17. Jadi penasaran sama bloomka bakuchiolnyaa 😍

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke Kyuuuuto.com! Silakan, jika ingin meninggalkan komentar, tapi mohon jangan tinggalkan link hidup atau spam, ya! ;)