Punya Skincare Nggak Cocok? Yuk, Manfaatkan Jadi Fungsi yang Lain!

 


Saat kita membeli skincare tentunya kita memiliki ekspektasi khusus, apalagi jika produk tersebut menyajikan iklan yang sangat menjanjikan, tapi nyatanya skincare itu “cocok-cocokan”. Seringkali kita dipatahkan oleh ekspektasi kita terhadap produk skincare tersebut, alias produk tersebut tidak cocok. Hal ini yang sering sekali terjadi di aku, tentunya merasa rugi sudah pasti karena ujung-ujungnya akan terbuang percuma, bisa saja kita hibahkan atau preloved ke yang membutuhkan. Tapi ternyata ada cara lain agar kita tidak rugi saat menggunakan produk skincare yang tidak cocok tersebut.


Produk skincare bisa memiliki fungsi lain selain digunakan untuk wajah, juga bisa digunakan ke bagian tubuh lain yang membutuhkan. Nah, hal yang aku tulis ini berdasarkan pengalaman aku dalam memanfaatkan fungsi lain dari skincare. Penasaran?


Disclaimer: gambar-gambar produk yang tertera hanya ilustrasi saja, bukan berarti aku tidak cocok dengan semua produk ini. Sebagian besar produk ini sudah aku review baik di blog maupun instagram. 

 

1.        Face Wash

 


Pertama, kita mulai dari fungsi lain face wash, meskipun namanya face wash (sabun cuci muka), tapi ternyata face wash punya banyak fungsi lainnya yang nggak hanya untuk muka aja.

 

a.      Pembersih make up tools

 

Buat yang sering make up dan make up tools-nya kotor setiap hari, dan bingung gimana cara membersihkannya atau cari cleanser khusus untuk make up tools, nggak usah khawatir. Kalian bisa banget pakai face wash kalian yang tidak terpakai untuk membersihkan make up tools kalian seperti brush atau beauty blender agar menjadi lebih bersih maksimal.

 

Caranya juga cukup mudah, rendam brush/beauty blender kalian terlebih dahulu, kemudian tuang sedikit face wash ke cleansing matt yang kalian punya, tuang sedikit air dan gosok-gosok make up tools kalian ke cleansing matt kalian dan bilas sampai bersih. Dijamin, sisa-sisa make up jadi lebih maksimal terangkat dan make up tools kalian menjadi lebih bersih.

 

b.      Body wash

 

Beberapa produk face wash membuat formulasi khusus produknya agar bisa memiliki dua fungsi sekaligus face wash dan body wash, tapi hanya beberapa saja ya, tidak semuanya bisa. Kalau kalian punya face wash yang 2in1 seperti ini, kalian bisa manfaatkan untuk menjadi body wash kalian.

 

2.       Toner

 


Toner terbagi menjadi dua, hydrating toner dan exfoliating toner, tentunya jika ingin dimanfaatkan menjadi fungsi yang lain, kalian harus perhatikan dulu toner yang kalian miliki termasuk jenis toner apa ya.

 

a.      Hydrating toner

 

Sesuai namanya, hydrating toner berfungsi untuk memberikan kelembapan pada kulit. Selain dipakai pada kulit wajah, kalian juga bisa kok memanfaatkannya ke bagian tubuh lain, terutama leher. Kalian cukup apply hydrating toner ke leher menggunakan telapak tangan dan langsung tepuk-tepuk secara lembut agar toner meresap.

 

b.      Exfoliating toner

 

Berbeda dari hydrating toner, exfoliating toner berfungsi untuk mengangkat sisa kotoran di kulit. Biasanya exfoliating toner ada yang berbentuk liquid ada juga yang sudah dalam pad. Ternyata exfoliating toner bisa kalian manfaatkan untuk bagian-bagian tubuh yang lain, seperti leher, ketiak, atau daerah lipatan tubuh yang lainnya sehingga kulit kalian menjadi lebih bersih. Tapi perlu diingat, jangan setiap hari ya pakainya, cukup 2-3 kali seminggu saja.

 

3.       Serum

 


Serum memiliki banyak varian dan juga manfaat berdasarkan ingredients yang digunakan. Sehingga kalian perlu memperhatikan apa jenis serum yang kalian miliki dan apa saja main ingredients-nya.

 

a.      Hydrating atau anti-aging serum, kalian bisa memanfaatkannya untuk bagian leher.

b.      Brightening serum bisa dimanfaatkan untuk bagian leher dan ketiak.

c.       Anti acne serum bisa dimanfaatkan untuk jerawat pada punggung.


Atau jika ada varian lain, bisa kalian sesuaikan saja ya berdasarkan ingredients-nya.


4.       Face Oil

 


Sama seperti serum, jika kita ingin memanfaatkan face oil menjadi fungsi yang lain kita bisa sesuaikan dengan fungsi dan ingredients yang terkandung. Hanya saja, menurutku face oil lebih memiliki banyak fungsi yang lainnya dibanding serum. Face oil selain sebagai face care juga dapat berfungsi sebagai hair care dan body care, terutama jika face oil yang kalian miliki mengandung bahan-bahan yang natural, organik dan vegan.

 

Cara penggunaannya:

a.      Hair care: digunakan sesudah penggunaan shampoo saat rambut setengah kering atau digunakan sebelum penggunaan hair dryer. (please note, tidak semua face oil bisa dijadikan hair care ya, lihat kembali ingredients-nya)

b.      Body care: dicampurkan dengan body lotion favorit kalian dan akan menimbulkan efek hydrating yang lebih dibanding biasanya.

c.       Jika face oil yang kalian miliki mengandung anti-aging bisa dimanfaatkan untuk bagian leher juga.

 

5.        Aloe Vera Gel

 


Di antara semua produk skin care yang sudah aku sebutkan, produk aloe vera gel ini yang paling nggak ada ruginya, hehe. Aloe vera punya banyak sekali manfaat untuk tubuh kita mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Sempat beberapa tahun yang lalu booming produk aloe vera gel dari brand Korea, sehingga brand lokal pun berlomba-lomba membuat produk aloe vera gel karena banyaknya peminat.

 

Aloe vera gel sering sekali dimanfaatkan sebagai moisturizer untuk wajah, kalau ternyata tidak cocok menjadikan aloe vera gel sebagai moisturizer, jangan sedih karena ada banyak sekali fungsi lainnya yang bisa kalian manfaatkan, yaitu sebagai hair care, body care, merawat luka/bekas luka dan masih banyak lagi fungsi yang lainnya.

 

Ternyata ada banyak fungsi lain dari skin care selain untuk merawat kulit wajah. Apa yang aku tuliskan di atas itu aku tulis berdasarkan pengalaman pribadi aku ya. Kalian pernah memanfaatkan produk skin care untuk fungsi yang lain juga? atau ada tips and trick lain yang belum aku tahu? kalau iya, ceritain dong di kolom komentar. : )



28 comments:

  1. wah kreatif dan ide keren mba, saya punya banyak produk banyak dan kadang bingung mau ngabisinnya gimana, bisa saya coba niy tipsnya mba, aloe vera ini memang super multifunsi ya

    ReplyDelete
  2. eh samaan nih aku kalo ada facial wash yang kurang sreg dihati suka dijadiin buat bersihin tools makeup kaya brush dan lain lain, hihhihi lumayan banget soalnyaaa

    ReplyDelete
  3. asyik juga ya mba kalau banyak skin care yang kita punya bisa beralih fungsi juga niiih. Thanks for the info dan aku jadi lebih aware deh

    ReplyDelete
  4. Wah artikelnya bermanfaat banget. Baru tau loh skincare wajah bisa didaurulang juga. Tapi kalo Molly gak cocok, diapply ke leher juga jadi jerawatan. Kalo kek gitu gimana ya?

    ReplyDelete
  5. Aku kalau ada moisturizer atau sleeping mask yang gak cocok aku jadiin lotion badan biar gak mubazir yakan mbak.

    ReplyDelete
  6. aku banget nih, kalau ga cocok semua aku pakai di badan lol, soalnya badanku ga sesensitive kulit mukaku :)

    ReplyDelete
  7. wah menarik idenya mbaa.. aku juga pernah sih memanfaatkan aloe veranya benton yang kurang cocok untuk kulit wajah jadi pelembab di area tangan. soalnya eman2 aja gitu.. hehe

    ReplyDelete
  8. aku baru tau nih mbaa kalau exfoliating toner bisa untuk daerah lipatan. tau gitu aku coba deehh buat berishin kotoran2 yang nyelip :D

    ReplyDelete
  9. wah baru tahu nih kalau skincare yang gak cocok bisa dimanfaatkan untuk hal lain. jadi gak mubazir deh..

    ReplyDelete
  10. Sama sih aku juga sering pakai cara gini. Nggak langsung dibuang karena ya sayang kan hahaha.

    ReplyDelete
  11. Bener banget aku pun sering kayak gini Kak soalnya sayang banget kan jadi biasanya aku pake aja sebagai bodycare hihi

    ReplyDelete
  12. penjelasan seperti ini semacam ngasih pencerahan ini buat alternatif penggunaan skincare

    ReplyDelete
  13. Eeee ternyata bisa ya gtu hehe aku baru tau
    Iya nih kadang ada skincare yang sekali pakai tu udah gak bisa dipakai lagi krn gak cocok.
    Eh iya sih aku jg pernah makai sunscreen aku pakai di telapak tangan pas naik motor hhaha
    thanks tipsnya

    ReplyDelete
  14. Udah lama banget ngincer produk Aloe Vera ini mba, jadi pengen deh beli iyayah ga cocok satu bisa dimanfaatkan lain kalau aloe vera ini :)

    ReplyDelete
  15. AKu cek-cek lagi niih...apa yaa...yang belum aku punya?
    Soalnya toner punya beberapa dan gak aku cek, dia hydrating atau exfoliating toner yaa..?

    Kalau serum sama ampoule gimana, kak?

    ReplyDelete
  16. Wah ga kepikiran selama ini sama aku, kalo ga cocok biasanya aku hibahkan ke orang yang tipikal kulitnya cocok dengan produk tsb. tapi artikel ini menjadi aha moment nih.

    ReplyDelete
  17. Sama banget mbaak. Aku suka jadiin buat bagian bada lainnnya nih hehehe. Soalnya klo ga cocok, ya takutnya lewat masa kadaluarsa. Kan sayaang huhuhu.

    ReplyDelete
  18. Aaa thank you for the article!! Baru kepikiran gw yang ga coco bisa untuk brush!

    ReplyDelete
  19. Wah keren idenya mbak. Saya malah baru sadar ternyata memang bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya ya. Thank sharingnya.

    ReplyDelete
  20. Ternyata bisa juga ya di daur ulang untuk kepentingan hal lain. Patut di coba nih

    ReplyDelete
  21. Dan aku baru memanfaatkan face wash jadi body wash. Ini sering terjadi. Apalagi kalau ternyata sabun di kamar mandi abis, lupa bawa yang baru, ya udah deh. Face wash jadi body wash.🤣🤣

    ReplyDelete
  22. Kebetulan banget aku punya face ojo dan aloe Vera yg nganggur nih. Bisa banget ini aku coba triknya. Emang ya nggak mau boleh disia siakan jg kalau udah beli. Kan eman-eman

    ReplyDelete
  23. Bisa begitu ya? Memanfaatkan skincare yang nggak cocok dengan kita untuk fungsi lainnya. Aku biasa menghibahkan saja skincare yang nggak cocok ke orang lain, kak. Mulai sekarang kudu liat ingredientnya lagi deh. Siapa tahu juga bisa memanfaatkan untuk fungsi lainnya.

    ReplyDelete
  24. Ada tipsnya ternyata ya gak kepikiran hihi. Kadang kita sudah beli skincare eh malah tidak cocok ya jadinya sedih.

    ReplyDelete
  25. Ternyata ada banyak manfaat lainnya ya misalkan skincare yang kita beli tidak cocok digunakan. Syukurlah aku belum pernah ngalamin kejadian nggak cocok dengan skincare yang udah dibeli. So far aman aja di wajahku, jadi terpakai sampai habis

    ReplyDelete
  26. Ooh jadi ternyata skincare itu bisa dipergunakan untuk bagian lain pada tubuh kita ya Mbak. Bagus sih sehingga kalau produknya nggak cocok di wajah tidak terbuang percuma. Apalagi skincare kan harganya lumayan hehehe

    ReplyDelete
  27. Perawatan kulit menggunakan aloe vera sih yaa...yang selama ini jadi senjata pamungkas.
    Karena selain menyegarkan, juga banyak sekali merk yang mengeluarkan dengan ingredients yang sama.

    ReplyDelete
  28. Saya kalo gak cocok dan ada yang suka sama skincare tersebut, biasanya saya hibahkan pada yang minta itu. Tapi setelah baca ini, jadi kepikiran pengen periksa kembali ingredients produk yang saya punya dan memanfaatkannya seperti yang tertulis di atas

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke Kyuuuuto.com! Silakan, jika ingin meninggalkan komentar, tapi mohon jangan tinggalkan link hidup atau spam, ya! ;)