Alasan Aku Memilih Produk Lokal

 


Seiring dengan perkembangan industri kecantikan di Indonesia, animo masyarakat terhadap merek kosmetik lokal semakin meningkat secara signifikan. Merek kosmetik lokal menjadi daya tarik tersendiri bagi skincare enthusiast karena kemampuan merek lokal dalam memahami produk yang lebih sesuai dengan jenis kulit, warna kulit, dan kebutuhan konsumen lokal.  Selain itu, faktor lain yang menjadi latar belakang tingginya animo terhadap merek kosmetik lokal yaitu kualitas produk yang semakin kompetitif dengan standar produksi, bahan baku, dan regulasi yang baik, dengan harga yang relatif terjangkau dibandingkan dengan merek internasional.  



Skinproof, anak perusahaan Arya Noble yang bergerak di bidang evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen, sejak 2017 telah dipercaya oleh berbagai perusahaan kosmetik ternama dalam hal consumer insight, cosmetic claim support, sensory research hingga konsultasi dan layanan regulasi. “Kami membantu pelaku usaha kosmetik mulai dari proses product development, cost reduction, identifikasi keunikan produk, benchmarking dengan produk sejenis atau kompetitor, hingga respon konsumen, untuk mengembangkan produk terbaik yang aman dan sesuai regulasi,” tambah Theresia. Theresia juga memaparkan bahwa saat ini konsumen semakin paham akan kandungan dan keamanan produk kosmetik, sehingga mendorong produsen kosmetik untuk terus berinovasi mengembangkan produk yang layak dan sesuai dengan regulasi.


Secara keseluruhan, animo masyarakat terhadap merek kosmetik lokal di Indonesia terus meningkat karena masyarakat semakin menghargai kualitas, inovasi, dan identitas kebangsaan yang ditawarkan oleh merek-merek tersebut. Tingginya animo ini memberikan peluang besar bagi merek-merek lokal untuk terus berkembang dan bersaing di pasar kecantikan dimana konsumen semakin kritis dalam pemilihan produk kosmetik bukan hanya dari segi klaim dan harga produk, tetapi juga keamanan produk yang telah teruji secara klinis.

 source: Skinproof Website  skinproof.id  aryanoblelife


Apalagi buat aku yang sudah punya riwayat breakout parah, itu hal yang bikin traumatis dan kadang rasa takut itu muncul. Kunci untuk menjaganya adalah dengan ‘gak macem-macem’ sama kulit, terutama menjaga pola makan dan pakai skincare sesuai kebutuhan kulit. Kedua hal itu harus balance supaya hasilnya juga lebih maksimal. Menjaga kulit dari luar dan dalam.

 

Hal yang jadi pertimbangan aku dalam memilih skincare adalah tentunya skincare itu harus tepat guna terhadap kondisi kulitku, mudah dicari dan harganya masih terjangkau jadi nggak bikin dompet meringis tiap mau repurchase. Oh iya, tentunya produk itu juga harus udah lulus BPOM dan akan jadi nilai plus kalau sudah ada sertifikasi halal dari MUI, jadi kita lebih nyaman ketika pakai produknya.

 

Lumayan banyak juga ya yang jadi pertimbangan dalam memilih skincare versi aku? Semuanya tentunya dalam rangka memilih yang terbaik untuk kulit. Oh iya, satu lagi, jangan mudah tergiur dengan skincare yang viral apalagi skincare dari luar yang belum resmi masuk ke Indonesia.

 

Alasannya, karena walaupun skincare itu viral belum tentu akan cocok di kita, lalu kalau kita memilih skincare dari luar harus pastikan kalau itu adalah brand yang jelas dan sudah resmi karena seringkali ada kasus brand luar yang bermasalah dengan izin BPOM, ini bukan hal yang bisa kita anggap sepele. Jadi, kita harus lebih aware lagi dalam memilih skincare.

 

Nah, berbicara tentang skincare lokal, pasti kita semua sudah tidak asing dong dengan Wardah? Wardah itu menurutku brand yang inovatif dan menjadi pioneer brand yang mengutamakan kehalalan produknya. Wardah merupakan brand yang berada di naungan PT Paragon Technology and Innovation, sebuah perusahaan besar yang menaungi produk-produk kecantikan yang berkualitas.

 

Wardah juga jadi salah satu skincare yang aku pakai saat awal-awal kenal skincare, aku ingat banget dulu pakai sunscreen-nya yang tekstur gel itu. Nyaman dipakai dan harganya affordable, cocok banget buat kantong mahasiswa buat aku saat itu, hehe. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, tentunya Wardah hadir semakin inovatif dengan produk-produknya yang makin canggih dan nggak kalah dengan produk luar.

 

Salah satu line skincare Wardah yang best-seller adalah Wardah Perfect Bright yang kini hadir dengan tampilan yang lebih fresh, formula baru dan juga lebih canggih tentunya. Wardah Perfect Bright series ini hadir dalam rangkaian skincare yang cukup lengkap. Namun, di antara produk-produk Wardah Perfect Bright, yang paling bikin aku penasaran adalah moisturizer-nya.

 

Pas aku lagi jalan ke mini market, aku lihat Wardah Perfect Bright Moisturizer ini ada di rak skincare, pas aku lihat, menarik banget apalagi ada kandungan berries-nya. Jadi ngebayangin wanginya seseger apa. Ternyata, moisturizer ini punya 2 jenis, buat oily skin dan buat brightening. Akhirnya aku pilih yang brightening karena kulitku sedang tidak oily.


 

Wardah Perfect Bright Bright + Smooth Glow Moisturizer

Tentang Produk:

BPOM Certified √

Halal Certified √

Dermatologically tested√

Vegan

Harga: IDR 29.600/20ml

 


Seperti yang aku sampaikan di atas, kalau salah satu hal yang menarik adalah produk ini mengandung berry extract, bahkan ini adalah kombinasi dari 4 Bright Berries yang terdiri dari Cranberry, Goji Berry, Acai Berry & Amethyst Berry. Nggak Cuma itu aja, kandungannya juga dilengkapi Vit B3, Vit C dan Vit E yang punya manfaat untk mencerahkan, menutrisi, serta meratakan warna kulit bekas jerawat. Sudah dilengkapi juga dengan SPF 30 PA+++ untuk melindungi kulit dari sinar UVA & UVB.

 




Packaging-nya sangat travel friendly, dikemas dalam tube berisi 20ml yang mini dan praktis. Tutupnya sudah menggunakan flip top, jadi lebih praktis. Dilengkapi juga sama packaging box yang berisi keterangan mengenai isi produk yang sangat lengkap, tapi di sisi tube-nya juga sudah tertulis kok keterangan lengkap mengenai produk.

 


Tekstur produknya ini creamy tapi ringan dan gampang banget buat di-blend, nggak lengket dan mudah meresap. Wangi berry-nya juga enak banget! Kayak wangi permen yang manis gitu, suka! Oh iya saat selesai di-blend, dia juga kasih efek mencerahkan yang natural gitu, bukan white cast ya. Bikin kulit keliatan lebih fresh dan cerah.

 

Aku pakai moisturizer ini di rangkaian morning skincare routine. Urutannya:

Face wash >> Toner >> Serum >> Eye Serum >> Moisturizer >> Sunscreen

 

Meskipun moisturizer ini sudah mengandung SPF, tapi tetap harus di-layer dengan sunscreen agar proteksi terhadap kulit jadi lebih maksimal lagi.

 


Aku sudah pakai moisturizer ini selama beberapa minggu terakhir, hal yang aku suka adalah teksturnya yang ringan, tapi tetap kasih efek lembab dan cerah di kulit. Nyaman banget dipakainya karena nggak lengket dan mudah meresap. Untuk efek memudarkan bekas jerawat, aku belum terlalu notice adanya perubahan yang signifikan ya, karena pasti butuh waktu yang lebih lama lagi.

 

So, menurutku, produk lokal tuh nggak kalah lho sama produk luar, malah banyak banget nilai plus-nya, karena ini produk lokal, pastinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan kulit orang Indonesia, harganya yang affordable dan mudah dicari. Di mini market pun ada banyak, jadi kalau tiba-tiba habis, nggak perlu pesan di online dulu, ini salah satu bentuk kepraktisan menurutku.

 

Jadi, yuk kita pakai produk lokal!      

With Love,  


  

 

10 comments:

  1. apalagi produk lokal tuh sejak beberapa tahun terakhir keren-keren ya, bangga aku tu

    ReplyDelete
  2. Bangga banget, produk lokal sekarang tuh udah oke banget!

    ReplyDelete
  3. Produk lokal tuh skrg udah gak kalah deh sama produk luar, bangga bgt

    ReplyDelete
  4. Produk lokal tuh skrg udah gak kalah deh sama produk luar, bangga bgt

    ReplyDelete
  5. ini bikin berminyak gitu gak melisa? btw Skinproof bikin produk lokal makin trusted buat dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. produk lokal yg udah approved by Skinproof mayan banyak ya.. jd ga was2 lagi mau pake produk lokal 😍

      Delete
  6. Bener banget aku juga pilih produk lokal karena halal mui

    ReplyDelete
  7. Bener banget aku juga pilih produk lokal karena halal mui

    ReplyDelete
  8. Aku udah coba juga moist ini, enakeun di kulit terus ada tone upnya tapi gak bikin abu2 tone upnya mantep

    ReplyDelete
  9. Bangga banget deh sama produk lokal, gakalah sama produk luar!❤

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke Kyuuuuto.com! Silakan, jika ingin meninggalkan komentar, tapi mohon jangan tinggalkan link hidup atau spam, ya! ;)